Langsung ke konten utama

Tujuan Pelaporan Keuangan dari Berbagai Sumber

Pada kali ini, saya akan menyampaikan beberapa tujuan pelaporan keuangan yang diambil dari berbagai sumber. Untuk penjelasan lebih lengkap bisa merujuk pada sumber yang telah dicantumkan.

PSAK 1 Revisi 2015 paragraf 12—14
Menurut PSAK 1 Revisi 2015 tujuan pelaporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, dan perubahan posisi keuangan suatu entitas yang bermanfaat bagi sejumlah besar pengguna dalam pengambulan keputusan ekonomi. Laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan pengguna dalam pengambilan keputusan karena laporan keuangan menggambarkan pengaruh keuangan dari kejadian masa lalu dan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi nonkeuangan. Laporan keuangan juga menjadi sarana manajemen untuk mempertanggunjawabkan apa yang telah dilakukan dan bagaimana penggunaan sumber daya yang dipercayakan pemegang saham/principal kepadanya.

International Financial Reporting Standards Desk Reference: Overview, Guide, and Dictionary oleh Dr. Roger Hussey dan Dr. Audra Ong (2005) halaman 6
Menurut Hussey dan Ong (2005:6) alasan mengapa diperlukan laporan keuangan, yaitu untuk memenuhi tujuan pemenuhan fungsi stewardship dan menyajikan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan. Fungsi stewardship didisain untuk menunjukan kepada pemilik bahwa bisnis telah dijalankan dengan benar. Selain itu fungsi stewardship menyatakan laporan keuangan berfokus pada kegiatan perusahaan di masa lalu. Pendapatan dan biaya disajikan sesuai dengan nilai yang dicatat pada waktu transaksi.

Intermediate Accounting 3rd Edition IFRS Edition oleh Donald E. Kieso, Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield (2018) halaman 30-32
Menurut Kieso, dkk (2018:30-32) tujuan laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi tentang entitas pelaporan yang berguna untuk investor, pemberi pinjaman, dan kreditur sekarang dan potensial di masa yang akan datang dalam rangka pengambilan keputusan untuk penyediaan sumber daya kepada entitas. Kemudian tujuan laporan keuangan dibuat lebih spesifik untuk beberapa keperluan, yaitu sebagai berikut.
  • Laporan keuangan tujuan umum
Laporan keuangan digunakan secara umum untuk membantu pemegang saham, kreditor, pemasok, karyawan, dan pemerintah memahami posisi keuangan dan kinerja entitas terkait.
  • Investor ekuitas dan kreditor
Investor dan kreditor membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui kemampuan entitas untuk menghasilkan aliran kas masuk dan menilai kemampuan manajer dalam mengelola, menjaga, dan menambah aset entitas.
  • Entitas
Perusahaan dianggap sebagai entitas yang berbeda dari pemiliknya. Aset akan dilihat sebagai milik entitas, sedangkan investor dan kreditor akan mencatat aset tersebut sebagai bagian kepemilkan pada perusahaan.
  • Kegunaan keputusan
Laporan keuangan digunakan sebagai bahan pertimbangan investor dalam mengambil keputusan. Dasar pengambilan keputusan ekonomi dapat dinilai dari jumlah aliran kas masuk, kapan aliran kas diperkirakan masuk, dan ketidakpastian aliran kas masuk dari pembagian dividen atau bung, dan hasil dari penjualan, jatuh tempo, sekuritas, atau pinjaman.

International Financial Reporting Standards: Workbook and Guide oleh Abbas Ali Mirza, Graham J. Holt, dan Magnus Orrell (2006) halaman 13
Menurut Mirza, dkk (2006:13) laporan keuangan bertujuan untuk menyediakan informasi terkait posisi keuangan entitas, performa keuangan, dan arus kas yang berkaitan dengan aset, hutang, ekuitas, pendapatan dan beban, dan perubahan ekuitas.

Accounting Standard AASB 101 Presentation of Financial Statement oleh Australian Accounting Standards Board (Juli 2004) paragraf 7
Menurut Australian Accounting Standards Board (2004:7) laporan keuangan bertujuan untuk menyediakan informasi tentang posisi keuangan, kinerja keuangan, dan aliran kas entitas yang berguna untuk pengambilan keputusan oleh pengguna. Selain itu laporan keuangan juga menampilkan hasil pengelolaan sumber daya yang dipercayakan kepada entitas.

IFRS in Your Pocket oleh IFRS (2019) halaman 17
Tujuan pelaporan keuangan tujuan umum menurut IFRS in Your Pocket (2019:17) adalah untuk menyediakan informasi keuangan tentang entitas pelaporan yang berguna bagi investor, pemberi pinjaman, dan kreditor lain yang ada dan potensial dalam membuat keputusan yang berkaitan dengan penyediaan sumber dara bagi entitas. Keputusan yang berkaitan dengan penyediaan sumber daya bagi entitas tersebut termasuk membeli, menjual, atau memegan instrumen ekuitas dan utang, menyediakan atau menyelesaikan pinjaman, menggunakan hak untuk memilih atau mempengaruhi manajemen. Laporan keuangan memberikan informasi tentang sumber daya, dan efek transaksi serta peristiwa lainnya pada sumber daya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ICEBERG Structure for Mathematics Learning Process II - Ethnomathemaitcs Reflection

ICEBERG Approach in Realistic Mathematics Mathematics is abstract, I admit that. Until now I still think that mathematics is complicated and always become the ‘unseen’ thing. If I, the university student, still think mathematics is abstract thing, then how about children in elementary school and junior high school? Maybe they will think that mathematics is from the outer-space. Realistic mathematics divides mathematics itself into four kinds: concrete mathematics, concrete model, formal model, and formal mathematics. Concrete mathematics is the lowest mathematics because we use a concrete object to deliver the material. The highest is, of course, the formal mathematics. Formal mathematics is used in university, used by mathematicians. We can say that formal mathematics is the abstract one. To facilitate students to understand the material, teacher can use the ICEBERG method. Here is the construction of ICEBERG. The floating capacity represents the mathematics learning

English Assignment

1.        1. Father has Rp1, 200,000.00 as his salary and reduces 14% tax. Determine father's salary after imposed by tax. (Book 1, page 129) 2.        2. If the price of one dozen of spoons is Rp18, 000.00, how much it cost for 27 spoons? (Book 1, page 187) 3.        3. The perimeter of a garden is 30 meters. The ration between the length and the width of the garden is 3:2. Determine the length and the width of the garden! (Book 1, page 189) 4.        4. Solve the following equation: 9x+4=3x+22 (Book 1, page 145) 5.        5. A tradesman has bought rice from farmer in Rp4, 500.00 for each kilogram. Then he sold it in Rp4, 700.00 for each kilogram. Determine the tradesman's profit if he can sale 90 kilograms of rice! (Book 1, page 123) 1.        1. Father's salary is Rp1, 200,000.00. Assume that his salary is 100%. If we imposed his salary (14%), he has 100%-14% that equals to 86%. So his salary is 86% of Rp1, 200,000.00. It's equals to Rp1, 032,000.00. 2.        2. We

Understanding The Elements Supporting Ethnomathematics I - Ethnomathematics Reflection

Some people think ethno mathematics is not important or not interesting enough. But I think ethno mathematics has its own enchantment. Ethno mathematics gives me the other side of mathematics where mathematics has an interesting history. Knowing that mathematics is used since a long ago makes me feel that mathematics is not an ordinary knowledge. Mathematics is not only a pure knowledge, but also knowledge that has meaning and history. This time Mr. Marsigit gave us a quiz and he asked us to make a reflection from it. This time I knew that Aji Saka is real, not a legend or a story. In communication, there are four dimensions, namely material dimension, formal dimension, normative dimension, and spiritual dimension. Material dimension is a dimension where the communication is built between two persons or more with physical contact. For example when a guy throws a punch to someone else, the dimension is the physical contact, the punch. Formal dimension is a dimension where the comm