Langsung ke konten utama

Perkembangan Standar Akuntansi dari Berbagai Sumber

Pada kali ini, saya akan membahas sedikit tentang perkembangan akuntansi dari beberapa sumber. Untuk penjelasan lebih lanjut dapat merujuk pada literatur yang tertulis.

Pada buku IFRS in Your Pocket (2019) oleh IFRS halaman 15, IASB dibentuk pada tahun 2001 menggantukan IASC. IASC dibentuk pada tahun 1973 dan menjadi badan konsesnsus yang bertujuan untuk menyelaraskan standar pelaporan keuangan. IASC menghasilkan standar yang kemudian disebut dengan International Accounting Standards (IAS Standards). Interpretasi IAS Standards disebut dengan SIC Interpretations.

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia pada Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 14 No 2 Juli 2009 oleh Rindu Rika Gamayuni halaman 153—166 dan Ferry Danu Prasetya dalam Perkembangan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia (2012) halaman 9—14, sejarah dan perkembangan standar akuntansi di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Selama penjajahan Belanda tidak ada standar akuntansi. Dalam pencatatan akuntasi mengunakan standar gaya Belanda.
  2. Sampai dengan tahun 1955 Indonesia tidak memiliki undang-undang resmi atau peraturan tentang standar keuangan.
  3. IAI didirikan pada tahun 1957
  4. Indonesia mengikuti standar akuntansi Amerika yang dibuat IAI yang disebut dengan prinsip akuntansi pada tahun 1974.
  5. Pada tahun 1984 prinsip akuntansi di Indonesia ditetapkan menjadi standar akuntansi.
  6. Standar akuntansi di Indonesia pada akhir tahun 1984 mengikuti standar yang bersumber dari IASC atau International Accounting Standard Committee.
  7. IAI secara penuh berkomitmen untuk mengikuti IASC/IFRS pada tahun 1994 dengan melakukan revisi total pada prinsip akuntansi yang dikembangkan pada tahun 1984.
Menurut Zamzani pada Finance and Accounting Journal Volume 1 Nomor 1 Maret 2012 oleh Bobby Wiryawan Saputra dan Agus Hermawan halaman 16, Indonesia menetapkan proses adopsi IFRS dalam tiga tahapan yaitu tahapan adopsi, persiapan, dan implementasi. Tahap adopsi dilakukan dari tahun 2008 sampai dengan 2010 dengan mengadopsi seluruh IFRS ke PSAK, mempesiapkan infrastruktur yang diperlukan, dan mengevaluasi serta mengelola dampak adopsi terhadap PSAK yang berlaku. Tahap persiapan pada tahun 2011 meliputi penyelesaian persiapan infrastruktur yang diperlukan dan penerapan bertahap PSAK berbasis IFRS. Yang terakhir tahap implementasi pada tahun 2012 meliputi penerapan PSAK berbasis IFRS secara bertahap kemudian evaluasi dampak penerapan PSAK secara komprehensif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komentar dari Post : Problematika Pembelajaran Matematika di SD

Nawangwulan Vennia Hanung Hershanasti Pendidikan Matematika Internasional 2011 11313244016 Assalamualaikum w.w. Saya adalah salah satu siswa yang mengalami pembelajaran matematika yang amat sangat menyenangkan di sekolah dasar. Dari apa yang saya alami, cara mengajar guru atau cara guru menyampaikan materi mungkin sama dengan apa yang saya pelajari selama ini, menggunkan lembar kerja, ada diskusi antar siswa, bahkan dibentuk kerja kelompok dimana memungkinkan siswa yang 'lebih unggul' dapat mementori kawan dalam satu kelompoknya, sehingga dalam pembelajaran matematika tidak hanya melulu belajar matematika saja, tapi juga memberikan pelajaran lain, yaitu pelajaran kehidupan di mana adanya bahu membahu dan membantu dalam menyelesaikan suatu problema, terutama berlajar bertanggung jawab atas apa yang dibebankan kepada siswa secara kelompok (berupa soal-soal). Jadi pembelajaran matematika juga membangun kepribadian siswa. Prestasi belajar matematika di sekolah dasar mu...

English Assignment - Reflection from Videos (part 2)

A.       Derivative Notation The derivative of f(x) is written as f'(x). We read it f prime of x. We can say it y' (y prime) because f(x) and y is interchangeable. Other we have notation dy/dx. It means the change in y's over the change in x's or we know it as slope. We say that the derivative is a slope of tangent line at specific point. We remember that the slope is change in y values over the change in x values. For the derivative we need two points. The first is (x, f(x)), f(x) is represented y. We can say that (x, f(x)) is the starting point (x,y). The second point is ((x+h),f(x+h)) with h is change in x. From those points we can find the slope of the line between points by slope formula. The formula is shown bellow. Slope=(change in y's)/(change in x's)=(y2-y1)/(x2-x1) Suppose that y1 is f(x), y2 is f(x+h), x1 is x, and x2 is x+h. So from the formula we get (f(x+h)-f(x))/(x+h-x)= (f(x+h)-f(x))/h h represent change in x values. If we put limit h approach...

English Assignment

1.        1. Father has Rp1, 200,000.00 as his salary and reduces 14% tax. Determine father's salary after imposed by tax. (Book 1, page 129) 2.        2. If the price of one dozen of spoons is Rp18, 000.00, how much it cost for 27 spoons? (Book 1, page 187) 3.        3. The perimeter of a garden is 30 meters. The ration between the length and the width of the garden is 3:2. Determine the length and the width of the garden! (Book 1, page 189) 4.        4. Solve the following equation: 9x+4=3x+22 (Book 1, page 145) 5.        5. A tradesman has bought rice from farmer in Rp4, 500.00 for each kilogram. Then he sold it in Rp4, 700.00 for each kilogram. Determine the tradesman's profit if he can sale 90 kilograms of rice! (Book 1, page 123) 1.        1. Father's salary is Rp1, 200,000.00. Assume that his salary is...