Langsung ke konten utama

Perkuliahan Terakhir Ethnomathematics: Bagaimana Kita Sebagai Mahasiswa Researcher I



Gedung D 01 Ruang 104
Rabu, 29 Mei 2013
Kuliah Ethnomathematics Prodi Pendidikan Matematika Internasional
Berikut adalah pertemuan terakhir kami dengan mata kuliah Ethnomathematics. Pada kesempatan terakhir ini, Profesor Marsigit tidak bisa menghadiri perkuliahan. Kehadiran beliau digantikan oleh rekaman perkuliahan terakhir Ethnomathematics di prodi Pendidikan Matematika kelas subsidi angkatan 2010.
Yang pertama adalah strategi perkuliahan seluruh mata kuliah Profesor Marsigit. Di seluruh mata kuliahnya, apakah itu kuliah Bahasa Inggris, Ethnomathematics, maupun filsafat, beliau selalu berusaha menggunakan pendekatan student center. Namun dalam penggunaannya Profesor Marsigit lebih berusaha untuk realistis karena dalam kegiatan perkuliahan tidak selamanya dilakukan hanya oleh mahasiswa tetapi juga pengajarnya, yaitu dosen. Penggunaan student center selalu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Teori student center ini bersesuaian dengan teori pembelajaran konstruktivisme.
Profesor Marsigit sendiri mengembangkan program semacam student center, akan tetapi beliau lebih mendekatkan pada pengertian ontologis. Komponen dari pengertian ontologis tersebut adalah “terkait” dan persiapan dalam rangka menyiapkan seseorang. Manusia selalu terikat dengan hal-hal yang ada di dunia ini. Apa yang dilakukan tiap orang selalu terkait dengan apa yang dilakukan orang lain. Karena manusia selalu terkait dengan hal-hal yang lain maka seseorang tidak bisa hidup jika dia tidak terkait dengan hal-hal dan orang lain. Manusia tidak akan bisa berpikir dan hidup jika dia terisolasi dari dunia luar. Pendekatan Profesor Marsigit adalah dengan tatap muka, penugasan, refleksi, dan lain seebagainya. Salah satu sumber referensi belajar adalah web blog. Dengan web blog ini diharapkan mahasiswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Belajar bisa dilakukan secara kontinu tanpa menunggu hari-hari perkuliahan. Inilah paradigma yang ingin Profesor Marsigit kembangkan.
Kemandirian subjek didik mahasiswa dan siswa diawali dengan kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Berpikir berbeda sangat boleh, bahkan disarankan. Maka sebagai dosen, Profesor Marsigit tidak pernah menyarankan paradigma bahwa pola pikir dan pengetahuan siswa harus sama dengan gurunya. Jika siswa memiliki kemampuan dan pengetahuan di atas gurunya maka guru sebaiknya bersyukur, seperti halnya Profesor Marsigit. Menurut beliau tidak mudah bagi seseorang yang berada di suatu wilayah dimana kulturnya masih terlalu tradisional untuk menjadi berbeda, kecuali seseorang itu mengalami hal-hal yang luar biasa. Seperti yang dialami Profesor Marsigit yang mengalami hal-hal luar biasa karena beliau sekolah S2 di Inggris. Dengan pengalaman inilah beliau dapat melihat pendidikan dengan berbagai perspektif. Beliau belajar untuk memberdayakan dan memfasilitasi siswa dengan baik. Ini adalah salah satu keuntungan bersekolah di luar negeri dimana negaranya menganut teori pendidikan student center.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ICEBERG Structure for Mathematics Learning Process II - Ethnomathemaitcs Reflection

ICEBERG Approach in Realistic Mathematics Mathematics is abstract, I admit that. Until now I still think that mathematics is complicated and always become the ‘unseen’ thing. If I, the university student, still think mathematics is abstract thing, then how about children in elementary school and junior high school? Maybe they will think that mathematics is from the outer-space. Realistic mathematics divides mathematics itself into four kinds: concrete mathematics, concrete model, formal model, and formal mathematics. Concrete mathematics is the lowest mathematics because we use a concrete object to deliver the material. The highest is, of course, the formal mathematics. Formal mathematics is used in university, used by mathematicians. We can say that formal mathematics is the abstract one. To facilitate students to understand the material, teacher can use the ICEBERG method. Here is the construction of ICEBERG. The floating capacity represents the mathematics learning

English Assignment

1.        1. Father has Rp1, 200,000.00 as his salary and reduces 14% tax. Determine father's salary after imposed by tax. (Book 1, page 129) 2.        2. If the price of one dozen of spoons is Rp18, 000.00, how much it cost for 27 spoons? (Book 1, page 187) 3.        3. The perimeter of a garden is 30 meters. The ration between the length and the width of the garden is 3:2. Determine the length and the width of the garden! (Book 1, page 189) 4.        4. Solve the following equation: 9x+4=3x+22 (Book 1, page 145) 5.        5. A tradesman has bought rice from farmer in Rp4, 500.00 for each kilogram. Then he sold it in Rp4, 700.00 for each kilogram. Determine the tradesman's profit if he can sale 90 kilograms of rice! (Book 1, page 123) 1.        1. Father's salary is Rp1, 200,000.00. Assume that his salary is 100%. If we imposed his salary (14%), he has 100%-14% that equals to 86%. So his salary is 86% of Rp1, 200,000.00. It's equals to Rp1, 032,000.00. 2.        2. We

Understanding The Elements Supporting Ethnomathematics I - Ethnomathematics Reflection

Some people think ethno mathematics is not important or not interesting enough. But I think ethno mathematics has its own enchantment. Ethno mathematics gives me the other side of mathematics where mathematics has an interesting history. Knowing that mathematics is used since a long ago makes me feel that mathematics is not an ordinary knowledge. Mathematics is not only a pure knowledge, but also knowledge that has meaning and history. This time Mr. Marsigit gave us a quiz and he asked us to make a reflection from it. This time I knew that Aji Saka is real, not a legend or a story. In communication, there are four dimensions, namely material dimension, formal dimension, normative dimension, and spiritual dimension. Material dimension is a dimension where the communication is built between two persons or more with physical contact. For example when a guy throws a punch to someone else, the dimension is the physical contact, the punch. Formal dimension is a dimension where the comm