Langsung ke konten utama

Perkuliahan Terakhir Ethnomathematics: Bagaimana Kita Sebagai Mahasiswa Researcher I



Gedung D 01 Ruang 104
Rabu, 29 Mei 2013
Kuliah Ethnomathematics Prodi Pendidikan Matematika Internasional
Berikut adalah pertemuan terakhir kami dengan mata kuliah Ethnomathematics. Pada kesempatan terakhir ini, Profesor Marsigit tidak bisa menghadiri perkuliahan. Kehadiran beliau digantikan oleh rekaman perkuliahan terakhir Ethnomathematics di prodi Pendidikan Matematika kelas subsidi angkatan 2010.
Yang pertama adalah strategi perkuliahan seluruh mata kuliah Profesor Marsigit. Di seluruh mata kuliahnya, apakah itu kuliah Bahasa Inggris, Ethnomathematics, maupun filsafat, beliau selalu berusaha menggunakan pendekatan student center. Namun dalam penggunaannya Profesor Marsigit lebih berusaha untuk realistis karena dalam kegiatan perkuliahan tidak selamanya dilakukan hanya oleh mahasiswa tetapi juga pengajarnya, yaitu dosen. Penggunaan student center selalu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Teori student center ini bersesuaian dengan teori pembelajaran konstruktivisme.
Profesor Marsigit sendiri mengembangkan program semacam student center, akan tetapi beliau lebih mendekatkan pada pengertian ontologis. Komponen dari pengertian ontologis tersebut adalah “terkait” dan persiapan dalam rangka menyiapkan seseorang. Manusia selalu terikat dengan hal-hal yang ada di dunia ini. Apa yang dilakukan tiap orang selalu terkait dengan apa yang dilakukan orang lain. Karena manusia selalu terkait dengan hal-hal yang lain maka seseorang tidak bisa hidup jika dia tidak terkait dengan hal-hal dan orang lain. Manusia tidak akan bisa berpikir dan hidup jika dia terisolasi dari dunia luar. Pendekatan Profesor Marsigit adalah dengan tatap muka, penugasan, refleksi, dan lain seebagainya. Salah satu sumber referensi belajar adalah web blog. Dengan web blog ini diharapkan mahasiswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Belajar bisa dilakukan secara kontinu tanpa menunggu hari-hari perkuliahan. Inilah paradigma yang ingin Profesor Marsigit kembangkan.
Kemandirian subjek didik mahasiswa dan siswa diawali dengan kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Berpikir berbeda sangat boleh, bahkan disarankan. Maka sebagai dosen, Profesor Marsigit tidak pernah menyarankan paradigma bahwa pola pikir dan pengetahuan siswa harus sama dengan gurunya. Jika siswa memiliki kemampuan dan pengetahuan di atas gurunya maka guru sebaiknya bersyukur, seperti halnya Profesor Marsigit. Menurut beliau tidak mudah bagi seseorang yang berada di suatu wilayah dimana kulturnya masih terlalu tradisional untuk menjadi berbeda, kecuali seseorang itu mengalami hal-hal yang luar biasa. Seperti yang dialami Profesor Marsigit yang mengalami hal-hal luar biasa karena beliau sekolah S2 di Inggris. Dengan pengalaman inilah beliau dapat melihat pendidikan dengan berbagai perspektif. Beliau belajar untuk memberdayakan dan memfasilitasi siswa dengan baik. Ini adalah salah satu keuntungan bersekolah di luar negeri dimana negaranya menganut teori pendidikan student center.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

English Assignment - Reflection from Videos (part 2)

A.       Derivative Notation The derivative of f(x) is written as f'(x). We read it f prime of x. We can say it y' (y prime) because f(x) and y is interchangeable. Other we have notation dy/dx. It means the change in y's over the change in x's or we know it as slope. We say that the derivative is a slope of tangent line at specific point. We remember that the slope is change in y values over the change in x values. For the derivative we need two points. The first is (x, f(x)), f(x) is represented y. We can say that (x, f(x)) is the starting point (x,y). The second point is ((x+h),f(x+h)) with h is change in x. From those points we can find the slope of the line between points by slope formula. The formula is shown bellow. Slope=(change in y's)/(change in x's)=(y2-y1)/(x2-x1) Suppose that y1 is f(x), y2 is f(x+h), x1 is x, and x2 is x+h. So from the formula we get (f(x+h)-f(x))/(x+h-x)= (f(x+h)-f(x))/h h represent change in x values. If we put limit h approach...

ICEBERG Structure for Mathematics Learning Process II - Ethnomathemaitcs Reflection

ICEBERG Approach in Realistic Mathematics Mathematics is abstract, I admit that. Until now I still think that mathematics is complicated and always become the ‘unseen’ thing. If I, the university student, still think mathematics is abstract thing, then how about children in elementary school and junior high school? Maybe they will think that mathematics is from the outer-space. Realistic mathematics divides mathematics itself into four kinds: concrete mathematics, concrete model, formal model, and formal mathematics. Concrete mathematics is the lowest mathematics because we use a concrete object to deliver the material. The highest is, of course, the formal mathematics. Formal mathematics is used in university, used by mathematicians. We can say that formal mathematics is the abstract one. To facilitate students to understand the material, teacher can use the ICEBERG method. Here is the construction of ICEBERG. The floating capacity represents the mathematics learning...

ICEBERG Structure for Mathematics Learning Process III - Ethnomathematcs

The Hermeneutic of Pure Mathematics   The figure shown expresses the Hermeneutic of pure mathematics. Pure mathematics uses logic but not always have the experience in life. But mathematics knowledge always has the experience which related to life. It is true that experiences develop intuition of pupils. Experiences sharpen the intuition because from experience we learn more than mathematics. The problem will come out when teacher use traditional way to deliver the material. This is the chart that shows the solving of traditional learning. Teachers are required to remain innovative in learning activities . Let the students develop according to his ability . Teachers should be glad if an advanced student is smarter than the teacher . In traditional teaching , there is only material transfer from teacher to student . Pupils are not given the opportunity to argue in public . In an innovative learning process , students compared with seed plan...